Pabrikan Kendaraan Beroda Empat China, Saic-Gm-Wuling Akan Masuk Di Otomotif Indonesia

Sebagai pabrikan kendaraan beroda empat asal China, Wuling pada taun 2017 direncanakan akan memasuki industri otomotif di Indonesia. Yang diakui sebagai salah satu produsen ternama dan teratas di Indonesia, sedangkan pabrikan Daihatsu menanggapi dengan hadirnya Wuling di otomotif Indonesia yaitu suatu hal yang tidak terlalu mengistimewakan.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, dengan kondisi �pasar global ketika ini tidak mengherankan jikalau saja banyak dikalanga produsen otomotif dari negara lain yang berbondong-bondong ingin menginvestasikan sahamnya di Indonesia, terutapa bidang otomotif.

Amelia sangat mengajurkan, hal yang harus diperhatikan bagi para pelaku industri otomotif di Indonesia yaitu sebuah pelayanan purna jual yang terdistribusi secara rata di seluruh Indonesia.

“Masalah kedatangan kendaraan beroda empat Wuling ke otomotif indonesia itu hal yang biasa saja. Akan tetapi pasar global atau disebut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sudah terbuka pada awal tahun 2016. Namanya saja berbisnis dalam bidang otomotif itu bukan layaknya sprinter mealinkan lari marathon. Tahan usang hingga kurun waktu yang usang atau tidak. Harus mempunyai outlet, pabrik, aftersales, bengkel. Aftersales itu peace of mind,” ucap Amelia, Rabu 16 Maret 2016.

Dengan munculnya Wuling sebagai merek kendaraan beroda empat dan pesaing baru, Daihatsu dengan santai menanggapi kemunculannya itu yaitu dengan mengembalikan lagi kepada para konsumen biar menentukan produk seduai dengan pilihannya dan kebutuhannya sendiri.“Kita sih sangat transparan, customer yang milih, ingin investasi jangka panjang atau pendek. Jika jangka pendek mereka jual terus jual lagi. Semua model itu lawan Daihatsu. Kami merasa itu yang harus dihadapi dan memicu kali biar lebih inovatif lagi untuk kedepannya,” tuturnya.

SAIC-GM-Wuling, pabrikan kendaraan beroda empat China, akan masuk dan mendirikan pabrik di Indonesia dengan nilai investasi $700 juta atau jikalau dirupiahkan Rp 9,7 triliun. Pabrik tersebut akan menentukan lokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat dengan area yang dimiliki seluas 60 hektar.

Ditargetkan, pabrik kendaraan beroda empat Wuling di Indonesia sanggup mulai beroperasi pada 2017 dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun

Pada tahun 2017 mendatang ditargetkan pabrikan kendaraan beroda empat Wuling di Indonesia sudah sanggup beroprasi dengan jumlah produksi 150 ribu unit dalam setiap tahunnya.